Senin, 14 Juni 2010

In My Memorial

Monas

Kalo ngomongin Monas aku jadi ingat masa kecilku sekitar tahun tujuh puluhan.Jika di desaku mulai musim paceklik,ayahku pergi ke Jakarta jadi penarik becak.Baru pulang kalo musim panen tiba.Waktu itu panen di desaku setahun cuma sekali.
Nama desaku Patrol kecamatannya masih Anjatan.Kalo kabupaten ampe sekarang masih Indramayu.
Jalan raya waktu itu lebarnya sekitar 4-5 meteran kali.Yang gue ingat kalo ada mobil berpapasan pasti salah satunya berhenti dulu.
Penduduknya seratus persen Islam.Pekerjaan penduduk mayoritas buruh tani.
Tepatnya entah tahun berapa aku pertama kali ke Jakarta.nanya  ma abah and umi juga cuma dijawab sekitar alias kira-kira saja di tahun tujuhpuluhan.
Waktu itu terminal bisnya masih Lapangan Banteng.Yang sekarang jadi lapangan tenis,samping gereja Imanuel Jakarta Pusat.
Yang ane ingat pertama kali ke Jakarta tidurnya di perna alias emperan cina,tepat di belakang  Harmoni plaza sekarang.Dulu nama jalannya jalan Tanah Abang I(satu).Aku masih belum masuk sekolah.Masih suka nangis kalo kelamaan ditinggal ma ibu.Dan belum dikhitan.Kok ingat?Ya iyalah,masa yaiya dong !Hehehe
Kalo pagi aku diajak ibu ke pasar.Sambil nganter ibu belanja  gue nyari karet gelang bekas.ane kumpulin sebanyak-banyaknya buat ane banggain di kampung.Ikat belanja pake karet gelang baru ada di Jakarta bro.Pembungkusnya juga masih pake daun jati.
Oleh-oleh yang paling ditunggu saudara di kampung roti tawar ma sardencis.Orang kampung sih bilangnya makanan orang kota.Pertama kali makan sardencis ampe sekarang rasa nikmatnya gak pernah hilang.Jujur loh.
Suatu saat aku diajak babeh ke Jakarta gak sama nyokap.Kerjaan di sawah masih belum kelar.Rencananya ibu nanti nyusul gitu .wah gak bisa kebayang sepanjang hari aku nangis terus.Ngerepotin semua orang.Kalo penumpangnya baik aku dibawa serta.Ayah,uwa.paman,bibi and keluarga para abang becak dibikin kewalahan ma aku.Nangis dan nangis kangen ma ibu.
Untuk menghibur aku barangkali supaya gak nangis melulu suatu malam aku diajak ke pameran Jakarta Per yang waktu itu lokasinya masih di kawasan Monas.Senangnya aku malam itu bisa melupakan kesedihanku.Meski cuma lihat-lihat saja sih.
Yang paling berkesan mah waktu melihat air mancur joged,seperti yang diceritakan bang Haji Roma lewat syair lagunya tuh.Air mancur berjoged mengikuti irama lagu.Aku sempat dibuat kagum dan terheran-heran.Kok bisa ya???!!!!
Dari tempatku tinggal ampe monas sekitar lima ratus meter kali.Kami jalan kaki lewat belakang Istan Presiden.Pulangnya sih lupa,Yang jelas gak lewat jalan waktu berangkat.Kendaraan juga bolh di bilang masih satu dua deh.Jauh beda ma sekarang.
Bersambung

Tidak ada komentar: